Rapid Test Karyawan PT MSP Semuanya Non Reaktif

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin

BANGKAPOS.COM, BANGKA — PT Mitra Stania Prima (MSP) perusahaan penambangan timah dan smelter yang berkedudukan di Kawasan Industri Jelitik Kecamatan Sungailiat sudah menyiapkan dua kamar isolasi khusus bagi para karyawan perusahaan dan mitra perusahaan yang apabila dari hasil Rapid Test yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melalui puskesmas ada hasil sampel yang dinyatakan reaktif.

“Kita sudah menyiapkan dua kamar ruang isolasi khusus dan juga kamar mandi khusus di mess karyawan yang ada di belakang smelter PT MSP di Kawasan Industri Jelitik Kecamatan Sungailiat apabila ada karyawan dari hasil Rapid Test dinyatakan reaktif, selanjutnya kita lakukan tes Swab pertama dan Swab kedua apabila hasilnya positif maka selanjutnya kita serahkan ke Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka untuk dikarantina di Balai Diklat BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Agung K, Manager Health Safety Environment (HSE) PT MSP didampingi Raden Erwin alias Rio, Kepala Divisi Program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (PPM) PT MSP kepada Bangkapos.com, Kamis (26/11/2020) saat kegiatan Rapid Test bagi karyawan di areal smelter PT MSP.

Dilanjutkannya, sebaliknya bila nanti hasilnya Swab 1 dan Swab 2 negatif maka karyawan yang bersangkutan diperbolehkan untuk bekerja atau beraktivitas kembali seperti biasanya.

“Untuk fasilitas ruang isolasi khusus ini sudah kita koordinasikan dan laporkan kepada Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka untuk dipantau apakah sudah sesuai dengan SOP dalam penanganan pencegahan penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka dan Alhamdulillah kata Tim Satgas sudah sesuai standar,” ujar Agung K.

Diungkapkannya, dari hasil Rapid Test di areal penambangan PT MSP di Desa Mapur Kecamatan Riau Silip kemarin yang diikuti 80 karyawan dan mitra semua hasilnya non reaktif (NR) dan kegiatan dilanjutkan hari ini kembali melaksanakan Rapid Test massal terhadap seluruh karyawan dan mitra yang bekerja di pabrik Smelter PT MSP di Kawasan Industri Jelitik Kecamatan Sungailiat.

” Target peserta bisa mencapai 120 hingga 150 anggota orang karyawan yang dilakukan petugas Puskesmas Kenanga yang dipantau Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dan pak Nazarudin dari BPBD kabupaten Bangka,” tukas Agung K.

Diakuinya dari hasil Rapid Test bukan lalu terhadap para karyawan di smelter PT MSP ditemukan ada satu karyawan yang reaktif sehingga dilakukan isolasi di ruang kamar khusus isolasi di mess karyawan, namun setelah dilakukan tes Swab 1 dan Swab 2 ternyata hasilnya negatif sehingga karyawan tersebut bisa melakukan aktivitasnya seperti semula.

“Mudah-mudahan kegiatan Rapid Test hari ini juga kita harapkan hasilnya non reaktif semuanya aamiin ya robbalalamiin,” harap Agung K.

Kegiatan ini dihadiri General Manager PT MSP, Santosa dan Nazarudin dari BPBD Kabupaten Bangka, Tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dan Puskesmas Kenanga dan para karyawan serta mitra..

Terpisah Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada manajemen PT MSP yang secara rutin melakukan Rapid Test terhadap para karyawan dan mitranya.

“Hal ini menunjukkan bahwa PT MSP sangat peduli dengan kesehatan para karyawannya yang harus terjaga dengan baik, daya tahan tubuh dan imunitas tubuh para karyawan juga harus baik,” kata Boy Yandra.

Diungkapkannya, apabila dari hasil Rapid Test ini ditemukan ada karyawan yang reaktif, maka pihak PT MSP sudah menyiapkan tempat karantina sendiri.

“Bila ternyata tempatnya overload maka bisa dibantu dari pihak Pemkab Bangka yang sudah menyiapkan mess gratis untuk karantina dan perawatan sambil nanti batas waktu hasil tes Swabnya keluar. Kita berharap semua hasilnya non reaktif, kalaupun ada yang reaktif maka akan dilaporkan ke Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Boy Yandra.

Boy Yandra mengimbau kepada perusahaan lainnya untuk melakukan inisiatif yang sama seperti yang sudah dilakukan PT MSP terhadap para karyawannya.

“Untuk petugas tim medis pihak Pemkab Bangka memastikan sudah ada dan siap menjalankan tugasnya,” tukas Boy Yandra. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia

Sumber: https://bangka.tribunnews.com/2020/11/26/pt-msp-siapkan-dua-kamar-isolasi-bagi-karyawan-yang-hasil-rapid-test-reaktif?page=2

id_IDID
Scroll to Top